Dr. Dante Rigmalia, S.Pd., M.Pd. selaku ketua PGRI Cabang Buahbatu merasa Bersyukur atas keberhasilan Peserta Lomba Pupuh masuk Final. Empat finalis tersebut Susi Sumiarsih dari SDN 184 Buahbatu, Lilis Setiamanah dari SMPN 18 Bandung, Inggit Gustari, S.Sn. dari SDN 246 Margacinta dan satu Finalis laki-laki Cefi Sutarya, S.Sn., dari SDN 129 Rancasawo Kota Bandung berhasil masuk Grand Final gelar juara dalam ajang “Pasanggiri Pupuh Virtual 2021” yang diselenggarakan PGRI Kota Bandung.

Keberhasilan ini merupakan sebuah pencapaian prestasi yang sangat luar biasa bagi ke empat guru yang memiliki kecintaan pada seni sunda. Pasalnya, Cefi Sutarya, S.Sn. berhasil membawa pulang Trophy Juara 1, dan Inggit Gustari, S.Sn. sebagai Juara 2 Pupuh Putri dan Susi Sumiarsih, S.Pd. meraih Juara Harapan 3.

Penampilan para finalis dari PGRI Cabang Kecamatan Buahbatu dalam menyanyikan pupuh dalam Pasanggiri Pupuh Virtual 2021 pada grand final sukses mengundang perhatian para dewan juri dan penonton yang hadir, yang diselenggarakan secara Luring di SMPN 5 Kota Bandung dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan yang Ketat.

Meski demikian, ke empat Finalis sempat pesimis karena pasanggiri pupuh yang dilaksanaan secara virtual banyak menyita tenaga dan pikirannya, karena terlalu lama dalam pelaksanaannya. “Tetapi alhamdulillah sekarang sudah plong, beres dan bisa menjadi juara,” tuturnya usai menerima trophy.

Menurut ke empat Finalis, mungkin ada beberapa hal yang perlu disampaikan terkait pasanggiri pupuh ini, pertama untuk ke depannya sekecil apapun pasanggiri tetap harus diadakan technical metting agar tidak terjadi miskomunikasi antara peserta dengan peraturan yang dibuat oleh panitia.

“Kedua, semuanya harus lebih jelas lagi mengenai ketentuan yang ada dalam juklak dan juknis yang disampaikan kepada para peserta agar ke depannya peserta tidak ada lagi yang protes dan lain sebagainya,” tandas ke empat Finalis.

Tetapi secara keseluruhan pasanggiri pupuh ini sudah bagus, jelas ke empat finalis dan terimakasih kepada PGRI Kota Bandung, dalam hal ini Bapak Drs. H. Cucu Saputra, M.M.Pd. sebagai ketua PGRI sekaligus Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bandung, dan kepada pihak panitia penyelenggara yang sudah meluangkan waktunya untuk menggelar acara ini, meski dalam kondisi pandemi Covid-19. “Ini sangat luar biasa, terutama pihak panitia yang tidak mengenal lelah. Jazzakallahu Khairan untuk Bapak/Ibu panitia,” ujarnya.

Diakui ke empat Finalis, mereka sangat bersyukur karena apa yang diraihnya diluar dugaannya. “Terimakasih kepada suami dan anak yang selalu direpotkan dan ditinggalkan karena harus mengedit video dan menyiapkan semuanya sendiri.

“Terimakasih juga kepada Ketua PGRI Cabang Buahbatu yang telah mendukung dan telah memperjuangkan ke empat peserta untuk mengikuti lomba, serta rekan-rekan guru yang sudah membantu dalam mengerjakan video clip,” ujarnya.

Adanya pasanggiri pupuh ini, kata ke empat Finalis, sangat luar biasa sekali karena lewat ajang ini bisa menggali potensi para guru. “Mudah-mudahan ke depannya bisa diselenggarakan lebih meriah lagi.

@tisbubat