Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.  SDN 081 Kebon Gedang Kridawinaya menyelenggarakan Diklat "Pendidikan dan pelatihan kurikulum merdeka bagi Pendidik dan tenaga kependidikan di SDN 081 Kebon Gedang Kridawinaya" pada hari Jum'at 25/3 dari jam 8.00-15.00 dengan Narasumber: 
1. Drs Bambang Arianto, M. Pd (Kabid PPSD) 
2. Dra. Hj. Ellyda Jalil, M. M. Pd (Pengawas Bina SD Kecamatan Batununggal) 
3. Sri Hendrawati, M. Pd (Tim Pengembang Kurikulum kota Bandung, Narasumber kurikulum Nasional - Program Sekolah Penggerak). 

Harapan Kepala Sekolah Bapak Mulyadi, S. Pd, M. M. Pd dengan diadakan Diklat ini Guru-guru mengenal apa yang dimaksud dengan kurikulum merdeka, apa manfaat kurikulum merdeka, bagaimana cara membuat kurikulum merdeka bagi satuan pendidikan dan guru, Bagaiman cara mengimplementasikan di PBM, dan bagaimana cara mengevaluasinya. Agar profil pelajar pancasila terealisasi. 

Drs. Bambang Arianto, M. Pd (Kabid PPSD) sebagai narasumber sekaligus membuka acara Diklat, berpesan "Bapak ibu guru harus kaya dengan metode Pembelajaran sehingga dalam memperlakukan anak berbeda beda disesuaikan dengan kemampuannya". (Yani Kurniati)