Salah satu cita-cita PGRI kota Bandung yang sedang direalisasikan adalah keinginan untuk menguatkan kembali jiwa korsa dan militan Garda Wirasena. Sehubungan dengan hal itu, tepatnya pada hari sabtu dan minggu, 4/5 September 2021 diadakan kegiatan TOT kesekretariatan dan satuan tugas Garda Wirasena yang bertempat di Bukit Allam Santosa Jl  Pasir Impun Atas Desa Cikadut Kecamatan Cimeunyan Kabupaten Bandung Jabar. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua PGRI kota Bandung Drs. Cucu Saputra, M. MPd yang sekaligus berperan sebagai Narasumber. 

Materinya yang dihadirkan dalam kegiatan tersebut adalah Transformational leadershif, memahami teori maslow yaitu basic segi tiga ke-1 Kebutuhan biologis, ke-2 Kebutuhan rasa aman, ke-3 Kebutuhan sosial, ke-4 Harga diri, dan basic ke-5. Aktualisasi, dan dari materi yang disampaikan ada essensi yang paling puncak adalah yang dimaksud dengan Transformation leadership maka sebuah organisasi jangan terus berada di basic paling bawah namun harus terus meningkat sampai kepuncaknya.

PGRI kota Bandung adalah sebagai ruang aktualisasinya, dimana aktualisasi yang lebih tinggi lagi adalah manusia yang bisa nemberi manfaat untuk orang lain tidak berarti kita harus selalu tampil didepan namun meskipun tidak terlihat selalu memberi manfaat untuk orang lain. 

Pada kesempatan tersebut Ketua PGRI Kota Bandung  memberikan sebuah Quote (moto) "Semakin sering memberi keputusan maka kwalitas keputusannya akan semakin baik"

Pemateri lain dari kegiatan TOT ini adalah Drs. H. Dede Amar, M. MPd Ketua PGRI Jabar dan menyampaikan materi Membangun eksistensi PGRI pada masa pandemi covid-19 meliputi materi Pembenahan pemberdayaan organisasi, Kemitraan organisasi, Pendampingan guru ASN dan Non ASN, Perlindungan dan kesejahteraan Guru dan pengawalan PTM dan Daring. Beliau berpesan juga upaya yang harus kita sikapi setelah keadaan normal kembali semua guru setiap tanggal 25 harus memakai baju PGRI. 

Ketua PGRI kota Bandung memimpin upacara penutupan sekaligus melantik Garda Wirasena  didampingi oleh Yayan Taryana, S. Pd. M. M Sekum PGRI. 

Adapun garda yang dilantik berjumlah 16 peserta terdiri dari, 
 - Komandan : Slamet Riyadi,S.Pd
- Wakil Komandan : Sulistyo Basuki,S.Pd,M.M.Pd
- Provoost : Kustori,S.Pd, Adang Nurhendi,S.T,  Deny,S.S.
- Koordinator Lapangan :
1. Yadi Kusmayadi,S.Pd
2. Tri Rusmanto,S.Pd
3. Enjang Sudrajat,S.Pd
4. Asep Misbach,S.Pd
5. Ahmad Abidin Zafar,S.Pd
6. Roni Kurniawan,S.Pd
7. Atam Supriatna,S.Pd
8. Agus Fatoni,S.Pd
9. Muhammad Fajri,S.Pd
10. Asep Supriatna. P3TK Dinas pendidikan kota Bandung

PGRI kota Bandung selanjutnya akan merencanakan program pengrekrutan Garda Garda yang ada di cabang. Setiap cabang mengirimkan perwakilannya 2 orang yang terdiri dari 1 putra dan 1 putri tegas pak Ketua dalam memberikan amanatnya pada upacara penutupan. (Yani Kurniati)